Memperkenalkan Kontribusi Lulusan Sosiologi pada Mahasiswa Melalui Kuliah Tamu dengan Mengundang 5 Stakeholders

Senin, 07 Oktober 2019 10:15 WIB

Sebagai suatu disiplin ilmu, sosiologi memiliki dimensi yang luas dalam bidang kerja. Peran sosiolog sangat dibutuhkan dalam berbagai kepentingan di masyarakat, terutama pada masa pembangunan di berbagai sektor saat ini yang sangat memerlukan kualitas Sumber Daya Manusia yang memadai. Di sinilah peran sosiolog sebagai salah satu Sumber Daya Manusia yang bertugas mengorganisasi masyarakat dalam suatu kerja atau program pembangunan tertentu. Untuk membuka wawasan para mahasiswa mengenai bagaimana peran dan fungsi sosiologi dalam berbagai bidang kerja Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang menggelar kuliah tamu bertema Sosiologi & Kerja-kerja Pengorganisasian Masyarakat.

Acara berlangsung di Aula BAU UMM pada tanggal 7 Oktober 2019 yang diikuti oleh para mahasiswa Jurusan Sosiologi semester 1, 3, dan 5. Bertindak selaku pemateri di antaranya : Afandi Tri Nugroho, S.Sos (Staff Perumda Tirta Kanjuruhan), Bayu Pramadya Kurniawan Sakti (Manajer Unit Binis Pariwisata Perum Jasa Tirta 1), Bayu Kiswara (Fasilitator Malang KOTAKU, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Malang), Galuh Diajeng Wulandari, S.Sos (PNS Inspektorat Pemkot Batu), dan Drs. IP. Ciptono, M.Si (Kepala Desa Sumberarum, Kabupaten Tuban 1999-2013). Rachmad Kristiono Dwi Susilo., Ph.D selaku Ketua Prodi Sosiologi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kuliah tamu kali ini bertepatan dengan Pelaksanaan Lokakarya Kurikulum Prodi Sosiologi dengan target untuk mempertimbangkan relevansi visi dan misi Jurusan Sosiologi untuk menyesuaikan profil program studi dalam kebutuhan di masyarakat.

Pada acara inti, yaitu pemaparan materi yang bertindak sebagai moderator adalah Awan Setia Dharmawan., M.Si. Materi yang disampaikan di antaranya Peran dan Kinerja Alumni Sosiologi dalam Instansi yang disampaikan oleh Afandi Tri Nugraha., S.Sos, Pendidikan Lingkungan Hidup dan Sumber daya Air oleh Bayu Pramadya Kurniawan Sakti, Merancang Program Pemberdayaan Masyarakat oleh Bayu Kiswara, Sosiologi dan Birokrasi oleh Galuh Diajeng Wulandari., S.Sos, kemudian diakhiri oleh Drs. IP. Ciptono., M.Si yang menyampaikan materi Dinamika dan Tantangan Pemberdayaan Masyarakat.

Para peserta kuliah tamu cukup antusias dalam menerima materi yang disampaikan. Beberapa di antaranya mengajukan pertanyaan kepada pemateri terkait penyusunan strategi pemberdayaan masyarakat, pengelolaan lingkungan, hingga isu-isu sosial politik di masyarakat. Kuliah tamu ini juga sebagai ajang sharing alumni karena beberapa pemateri merupakan alumni Sosiologi UMM yang bekerja di instansi pemerintah, yaitu Afandi Tri Nugraha., S.Sos alumni angkatan 2010 dan Galuh Diajeng Wulandari., S.Sos alumni angkatan 2001. Para alumni tersebut juga berpesan kepada mahasiswa Jurusan Sosiologi agar tetap semangat dan bersungguh-sungguh dalam belajar karena sosiolog memiliki berbagai peran penting di dunia kerja dan masyarakat.

Shared: