Kuliah Tamu

1. Kuliah Tamu Bersama Prof. Pamela Nylan ( Sosiolog dari New Castle University, Australia)
         Kuliah tamu yang mengambil tema "The New Direction in Sociological Theory" dilaksanakan pada hari Kamis, 8 November 2007 di Ruang Aula BAU Universitas Muhammadiyah Malang. Sekitar 200 peserta yang sebagian besar dari kalangan akademisi yaitu Dosen, mahasiswa S-1 dan S-2 dan Guru-guru SMA dan yang sederajat yang tergabung dalam MGMP Sosiologi memberikan apresiasi yang positif pada kegiatan tersebut. Hal ini bisa dipahami, sebab keinginan untuk memahami teori sosiologi langsung dari expert-nya sudah menjadi  kebutuhan penting bagi kalangan yang sehari-harinya berkutat pada ranah sosiologi. Kuliah tamu yang menggunakan bahasa inggris ini berlangsung lebih menarik lagi karena kemampuan Prof. Pamela Nylan yang mampu menjelaskan wilayah teori dalam lingkar yang lebih aplikatif. Mulai dari Emile Durkheim dengan "An Emphasis on Social Order", Max Weber dengan "Stratification and Bureaucracy", Karl Marx dengan "The Means of Production and the Working Class", Pierre Bourdieu dengan "Cultural capital and Habitus" sampai Stuart Hall dengan "Culture as Identity in the Diaspora"
 

2. Kuliah Tamu Bersama Prof. Aoki Takenobu (Sosiolog dari Nihon University, Jepang)
        
Alhamdulillah tidak lebih dari satu tahun setelah Jurusan Sosiologi FISIP Universitas Muhammadiyah Malang berhasil menghadirkan Prof. Pamela Nylan pada tanggal 8 November 2007. Pada tanggal 6 September 2008 bertepatan dengan hari Sabtu, Jurusan Sosiologi kembali berhasil menghadirkan Sosiolog dari luar negeri untuk  menjadi pemateri pada kuliah tamu. Yang hadir kali ini adalah Sosiolog dari Nihon University, Jepang yaitu Prof. Aoki Takenobu. Tema yang diangkat adalah Kerusakan Lingkungan dalam Perspektif Sosiolog Jepang. Bertempat di Ruang Sidang Masjid A.R. Fachruddin Lantai 1, penjelasan yang disampaikan oleh Prof. Aoki berhasil menarik perhatian peserta ( mahasiswa, dosen, dan guru-guru yang tergabung dalam MGMP Sosiologi Se-Malang Raya ) untuk tidak beranjak dari kegiatan tersebut. Apalagi Penjelasan melalui power point banyak menggunakan bahasa gambar yang merupakan hasil dokumentasi beliau dari kegiatan penelitian yang dilakukan di Yogyakarta. Dengan penjelasan yang membumi tersebut , peserta kuliah tamu seakan-akan berada pada peta permasalahan lingkungan itu sendiri. Kuliah tamu yang tidak sekedar konseptual tapi juga menyadarkan. 
 

3. Kuliah Tamu Bersama Clare Harvey (Assistant Program Officer The Asia Foundation)
          
Kemampuan mahasiswa untuk berdekatan dengan permasalahan sosiologis dalam artian bisa menjelaskan fenomena sosial dalam tradisi teori sosiologi yang disiplin dan paham secara riil permasalahan masyarakat adalah keniscayaan. Artinya harus melekat pada diri mahasiswa sosiologi. Oleh karena itu jurusan punya kewajiban untuk bisa menumbuhkan atmosfir yang bisa merangkum kebutuhan dasar mahasiswa sosiologi tersebut. Membuat kegiatan yang mempertemukan expert dalam bidang yang berlainan menjadi menu wajib yang harus dilakukan jurusan. Alhamdulillah, pada hari Sabtu, 21 Juni 2008 kegiatan tersebut bisa dilaksanakan. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk seminar sehari dan dilaksanakan di Ruang Aula BAU UMM ini berhasil menghadirkan pembicara yang beragam. Mereka adalah Hanneman Samuel, Ph.D (Sosiolog UI), drs. Nahrudin, MM (Kepala BAPEKAB Malang), Dr. A. Habib, MA (Direktur Pasca Sarjana UMM) dan Clare Harvey (Assistant Program Officer The Asia Foundation). Tema yang diangkat adalah Paradigma Pembangunan Masyarakat Pasca Kenaikan Harga BBM.
         Seminar ini menarik banyak kalangan untuk hadir. Antara lain, mahasiswa S-1 dan S-2, Dosen, Guru-guru Sosiologi SMA atau yang sederajat yang tergabung dalam MGMP Sosiologi se-Malang Raya. Kemampuan panitia menghadirkan golongan masyarakat (pemulung dan tukang becak ) yang merasa menjadi korban kenaikan harga BBM untuk melakukan testimoni menjadi warna tersendiri dari seminar sehari tersebut yang berhasil memukau peserta seminar. Apalagi pelaku testimoni berhasil menceritakan dengan sangat jujur dan apa adanya ( Misalnya, penghasilan sehari-hari yang tidak mencukupi untuk hidup akibat kenaikan harga barang). Kemampuan pemateri memberi penjelasan dalam ranah yang lebih aplikatif menjadikan seminar sehari terasa lebih hidup. Clare Harvey selaku Assistant Program Officer The Asia Foundation berhasil memberi bobot pada penjelasannya tentang peta masyarakat miskin dengan data-data yang akurat. Atau, Drs. Nahrudin, MM yang merangkum permasalahan pembangunan dengan pendekatan kelokalan (secara spesifik permasalahan pembangunan yang terjadi di Kabupaten Malang). Demikian juga Hanneman Samuel, Ph.D yang secara apik bisa menjelaskan teori-teori dalam ranah sosiologi pembangunan. Dr. Habib juga setali tiga uang. Dengan kemampuan menjelaskan lewat guyonan-guyonan segar menjadikan seminar tersebut berlangsung segar tetapi tetap fokus dan  menarik    

4. Kuliah Tamu Bersama Suharko, Ph.D (Dosen Sosiologi UGM)

5. Kuliah Tamu Bersama Alumni Jurusan Sosiologi FISIP UMM

6. Kuliah Tamu Bersama Dr. Bagong Suyanto, M.Si (Sosiolog Industri UNAIR)

    Dengan Tema : Strategi Pemberdayaan Industri Berbasis Kekuatan Lokal

    Dilaksanakan pada Selasa, 27 November 2012

7. Kuliah Tamu Bersama Moch. Sobirin, S.IP (NGO Desantara Jakarta)

     Dengan Tema : Peran Serta Masyarakat Sipil (Civil Society) Dalam Gerakan Penyelamatan Lingkungan

     Dilaksanakan pada Rabu, 27 Maret 2013

8. Kuliah Tamu Bersama Prof. Dr. Sunyoto Usman, MA (Sosiolog UGM) dan Prof. Dr. Sudarmadji, M.Eng.Sc (Geografi Sosial UGM)

    Dengan Tema : Evaluasi Kritis Sustainable Development Di Indonesia Pasca Orde Baru

    Dilaksanakan pada Selasa, 18 Maret 2014

9. Kuliah Tamu Bersama Dr. Argyo Damartoto (Dosen Sosiologi UNS, Surakarta)

     Dengan Tema : Gender Dalam Ruang Industri

     Dilaksanakan pada Selasa, 14 Oktober 2014

10. Kuliah Tamu Bersama Nanang Qosim, S.sos ( Angota DPRD Kabupaten Lumajang)

    Dengan Tema : Realitas Politik Lokal

    Dilaksanakan pada Rabu 14 Januari 2015

11. Kuliah Tamu Bersama Aoki Takenabu, Ph.D (Sosiolog Jepang) dan Ir. Koderi (Pengiat Lingkungan)

     Dengan Tema : Program Konservasi Lingkungan Berbasis Komunitas Dalam Perspektif Indonesia Dan Jepang

     Dilaksanakan pada Senin, 2 Maret 2015

12. Kuliah Tamu Bersama Bapak Edi Suhartono (Kepala BAPEDDA Kabupaten Malang)

    Dengan Tema : Strategi Pembangunan Berbasis Komunitas

    Dilaksanakan pada Jum'at, 5 Juni 2015

13. Kuliah Tamu Bersama Drs. Amran (Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan)

     Dengan Tema : Industri Kota batu

     Dilaksanakan pada Senin, 11 Januari 2016

14. Kuliah Tamu Bersama Didik Soemintardjo (Budayawan)

     Dengan Tema : Kebudayaan Sebagai Pembangunan\

     Dilaksanakan pada Selasa 26, April 2016

15. Kuliah Tamu Bersama Ir. Suwasono Heddy, MS (Praktisi Audit Lingkungan)

     Dengan Tema : Audit Sosial Lingkungan

     Dilaksanakan pada Selasa, 31 Mei 2016

16. Kuliah Tamu Bersama Prof. Dr. Maria Johanna Christina Schouten

     Dengan tema : Partisipasi Perempuan Dalam Ruang Publik

     Dilaksanakan pada Senin, 24 Oktober 2016

Shared: