HIMASOS dan HIMASUM Gelar Studi Banding untuk Membangun Organisasi yang Kolaboratif, Inovatif dan Kreatif

Senin, 29 April 2024 21:14 WIB   Program Studi Sosiologi

 

Jumat (26/4) Himpunan Mahasiswa Sosiologi UMM (HIMASOS) dan Himpunan Mahasiswa Sosiologi UM (HIMASUM) mengadakan Studi Banding yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan seputar manajemen organisasi.  Tema yang diusung dari kegiatan ini adalah “Kolaborasi Aksi Menuju Organisasi Kolaboratif, Inovatif dan Kreatif”. Kegiatan yang berlangsung di Aula Student Center lantai 3 tersebut menjadi wadah bagi mahasiswa kedua himpunan untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan.

Acara dimulai dengan sambutan oleh masing-masing ketua himpunan yang diawali dengan sambutan dari Ketua HIMASUM, Viona Joda, yang menyambut para peserta dengan antusiasme yang tinggi. Viona berharap agenda Studi Banding ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh setiap anggota untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan.

Tak kalah bersemangat, Arinda Maulidya Zulva, Ketua Umum HIMASOS, memberikan sambutan yang menginspirasi tentang pentingnya kreativitas dan inovasi dalam berorganisasi. "Seringkali kami berinteraksi dengan himpunan mahasiswa dari Universitas lain, terutama di Malang, untuk bertukar pengalaman dan belajar dari praktik terbaik mereka. Kami percaya bahwa kolaborasi lintas Universitas dapat memberikan wawasan baru dan memperluas jaringan untuk kedua belah pihak," ujarnya.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Ibu Luluk Dwi Kumalasari, M.Si Ketua Program Studi Sosiologi UMM. Beliau memberikan pandangan dari sudut pandang akademis tentang pentingnya kolaborasi antarorganisasi dalam mengembangkan potensi mahasiswa. "Melalui kerjasama yang erat, mahasiswa dapat memperluas jaringan, meningkatkan keterampilan, dan menghasilkan kontribusi yang berarti bagi masyarakat," tuturnya.

Setelah rangkaian sambutan, dilanjutkan dengan sesi presentasi yang memaparkan program kerja antar himpunan. Suasana semangat dan kolaborasi terus mengalir saat seluruh peserta memasuki sesi berikutnya yakni games yang diikuti oleh seluruh peserta. Games ini dirancang untuk tidak hanya menghibur, tetapi juga mempererat hubungan antaranggota kedua himpunanss. Dalam suasana yang penuh antusiasme, peserta berlomba-lomba mengikuti berbagai permainan kreatif dan mengasyikkan. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tukar pengalaman antara anggota HIMASOS dan HIMASUM. Para peserta aktif berbagi ide, pengalaman, dan best practice dari masing-masing organisasi.

Acara studi banding ini diakhiri dengan kesepakatan untuk meningkatkan kerjasama antara HIMASOS dan HIMASUM dengan pemberian sertifikat. Acara studi banding ini tidak hanya meningkatkan kerjasama antara HIMASOS dan HIMASUM, tetapi juga membuka pintu untuk kolaborasi yang lebih luas antarorganisasi mahasiswa dari berbagai Universitas. Dengan semangat keterbukaan dan kerjasama, mereka berkomitmen untuk menjadi agen perubahan yang berdampak bagi kampus, masyarakat, dan bahkan lebih luas lagi, bagi bangsa dan negara.[]

 

 

Shared: