Habis Semester, Terbitlah Libur

Selasa, 02 Agustus 2022 05:50 WIB   Program Studi Sosiologi

Sumber : traxonsky.com

Setelah merampungkan perkuliahan selama satu semester, kini mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang telah menjumpai masa liburan. Umumnya, masa liburan ini dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk self-care, mengisi daya kembali setelah berkutat dengan rentetan tugas perkuliahan, dan menjalankan rangkaian kegiatan organisasi maupun voluntarisme. Self-care merupakan suatu kegiatan untuk menjaga dan merawat diri oleh seorang individu yang dilakukan secara sadar dan sengaja dengan menyisihkan sebagian waktunya. Self-care baik dilakukan guna mengatasi stres atau burn out, mengelola serta meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Dengan kata lain, self-care adalah penyembuh dan penyejahtera diri seorang individu sebagai penunjang untuk beraktivitas dengan optimal ke depannya.

Self-care dapat ditempuh dengan melibatkan diri ke dalam hobi seseorang seperti bermain game, menonton film, menikmati keindahan alam, hingga berolahraga. Self-care secara sosial dapat dilakukan oleh mahasiswa dengan menyeimbangkan antara interaksi bersama keluarga dan teman. Bagi mahasiswa perantau, masa liburan seringkali dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di kampung halaman.

Selain itu, masa liburan turut dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai tahap pengembangan diri dengan terlibat dalam suatu kegiatan guna meningkatkan pengalaman, dan memperluas relasi. Misalnya, mengisi waktu liburan dengan mengikuti suatu komunitas yang bergerak di ranah pengabdian atau program-program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) yang kemudian nilainya dapat disetarakan dengan SKS mata kuliah. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri kegiatan yang melibatkan banyak orang akan mengalami sejumlah gesekan. Menurut Seto, alumni Sosiologi, di momen tersebut ilmu Sosiologi sangat implementatif dalam pemecahan masalah, dan untuk selanjutnya dapat meningkatkan keterampilan kita dalam memecahkan masalah.

Tahap pengembangan diri ini turut berpartisipasi dalam upaya mempersiapkan diri kembali untuk menjalani perkuliahan di semester berikutnya. Yayang, salah satu mahasiswa Sosiologi yang akan memasuki tahun ketiga masa perkuliahan ini berbagi perspektifnya terkait persiapan diri untuk menghadapi semester berikutnya. Penasaran bagaimana persiapannya? Simak obrolan lebih lanjutnya melalui Golek P.O.V episode kelima melalui kanal YouTube Program Studi Sosiologi UMM!

Pur/Fes

Shared: