Sosiologi FISIP UMM Wujudkan Terobosan Centre of Excellent (COE)

Rabu, 12 Januari 2022 09:01 WIB   Program Studi Sosiologi

Nota Kesepakatan dengan Kepala Desa Bedagung

Sebagai salah satu follow up dari terobosan baru Sosiologi FISIP UMM untuk mewujudkan Centre of Excellence (COE) terintegrasi, Sosiologi FISIP UMM melakukan kerjasama dengan lima pejabat administrasi Desa Bedagung, Desa Puntokdoro, Desa Ngiliran, Desa Janggan, dan Desa Gonggang di Kabupaten Magetan.

Kerjasama ini diawali dengan melakukan kunjungan silaturahmi kelima kepala desa di dua desa wilayah Kecamatan Panekan, satu desa di Kecamatan Plaosan, dan dua desa wilayah Kecamatan Poncol dalam administrasi Kabupaten Magetan. Kunjungan ini mempresentasikan apa saja bentuk kerjasama melalui COE yang akan dilakukan FISIP dengan Pemkab Magetan. Kegiatan penandatangan SPK antara Sosiologi FISIP UMM dan Pemerintahan Desa ini diselenggarakan di ruang pertemuan Pendopo Surya Graha Kantor Bupati Magetan(12/1).

COE berbasis program professional manager dirancang terintegrasi antara Prodi Sosiologi dengan FISIP UMM yang merupakan pusat unggulan ini nantinya akan memiliki kontribusi pada keperluan para stakeholders. Diantaranya adalah keperluan sivitas-akademika, alumni, sektor swasta, Non-Governmental Organization (NGO), Persyarikatan Muhammadiyah, dan lembaga pemerintahan.

Prodi Sosiologi mempersiapkan sumber daya manusia profesional dalam point of view Sosiologi, yang berhubungan dengan implementasi Centre of Excellent kelas Profesional Manager Sosiologi FISIP UMM mempersiapkan desain program Centre of Excellence Program Studi Sosiologi yang mendukung peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) kelembagaan kelima desa, sehingga menjadikan lokasi kelima desa tersebut, sebagai pilot program riset, edukasi dan pengabdian serta pemberdayaan masyarakat yang melibatkan civitas akademika dan mahasiswa Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang yang menjembatani kebijakan pembangunan daerah/desa.

Nota kesepakatan yang dijalin antara Ketua Program Studi Dr.(Cand).Luluk Dwi Kumalasari,M,Si dan Sekretaris Prodi Awan Setia Dharmawan,M.Si dengan kelima kepala desa dalam wilayah administrasi Kabupaten Magetan antara lain: a. Mendesain program riset sosial, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat; b. Melaksanakan program pemberdayaan kepada masyarakat; Ruang Lingkup Naskah Kesepakatan Kerjasama ini meliputi: Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pengelolaan kelembagaan desa,Pengembangan Potensi Daerah/Desa, Pengembangan Ekonomi Daerah/Desa, Penguatan dan Pengembangan Center of Excellence (CoE) Prodi Sosiologi Kelas Profesional Manager, Program Internship (magang) Mahasiswa, Program Pengabdian Mahasiswa (PPM), Project independen sivitas-akademika Sosiologi FISIP UMM, dan kegiatan kemanusiaan.

Prodi Sosiologi FISIP UMM berperan sebagai fasilitator dalam posisi pihak pertama untuk implementasi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada mahasiswa; menyusun rancangan regulasi yang mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan penguatan kelembagaan, kegiatan pemberdayaan masyarakat, dan pengembangan ekonomi daerah/desa; Memfasilitasi pihak pertama untuk pelaksanaan kegiatan magang (internship), penelitian mahasiswa, asistensi diseminasi pengetahuan pada unit pendidikan, program membangun desa, sivitas akademika UMM model base project, dan kegiatan kemanusiaan.(Ozz)

Shared: