Guest Lecture Sociology UMM: CSR Concept & Actual Strategy 2022

Sabtu, 09 Juli 2022 07:03 WIB   Program Studi Sosiologi

 

Program Studi Sosiologi FISIP UMM menyelenggarakan kuliah tamu Corporate Social Responsibility: Conceptual & Actual Strategy bersama mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Malang secara tatap muka di Aula FISIP Universitas Muhammadiyah Malang yang dihadiri oleh Jajaran Dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Ketua Prodi Sosiologi,Sekretaris Prodi Kepala Laboratorium Sosiologi, dan Dosen Prodi Sosiologi pada Sabtu (7/7/2022. Dibuka oleh Bapak Prof. Dr. Muslimin Machmud,M.Si selaku Dekan FISIP Universitas Muhammadiyah Malang, "Terobosan ini untuk mengatasi bonus demografi sehingga dapat tenaga kerja yang berkualitas sehingga temen-temen mahasiswa sosiologi lulusan-nya bisa lebih hebat daripada kami".

Budi Minulyo,M.E. yang merupakan alumnus FISIP UMM selaku narasumber CSR memaparkan beberapa tools dan instrumen: SLA (Sustainable Livelihood Access) Identifikasi kelompok minoritas: 1. Asset, 2. Akses. Logika yang paling mendasar ialah bahwa yang berlanjut itu dampaknya (social effect-nya) , bukan program-nya tentu saja untuk tujuan kemandirian atau goal". Untuk mengantisipasi kegagalan program yaitu perlu melakukan identifikasi 1. Memahami konteks lokal, 2. Kebutuhan yang spesifik, 3. Gagal identifikasi karna dapat bermakna ganda, sehingga memerlukan tools logical framework melalui metrics 4x4 melalui mekanisme Plan, Do, Check, Act (PDCA). FPA. Design Program CSR, SOS TAG, Impact Assesment, Compass Sustainability Stroid: Social Return invest & impact corporate -1, +1. Yaitu dengan" Identifikasi Local hero, berbasis actor dan kapital sosial", pungkasnya.

Instrumen Indeks Kepuasan Masyarakat yang sering digunakan Kemenpar, Standar Rapid, Level provision semua berdasarkan  dua aspek: yaitu awareness dan improving skills. Ketimpangan (gap) Kompetensi dan Behaviorism termasuk attitude lalu dengan program peningkatan kompetensi tenaga kerja. Dengan cara mengulangi dan mendesain inovasi yang meliputi: Gagasan, Cara, Sistem, Program Levelling Inovasi. Progress keberlanjutan diamati dengan social impact yaitu komunitas warga bisa mengatasi dengan cara sendiri artinya identifikasi dan pengumpulan data mulai beralih dari model visiting kepada model peleburan diri peneliti lapangan. Agenda public lecture ini dibarengi dengan penandatanganan SPK (Surat Perjanjian Kerjasama) antara Sosiologi FISIP UMM dengan Budi Minulyo,M.E selaku Direktur Indocita Karya Global yang berkantor di Jakarta. 

Shared: