Prospective Student Program Centre of Excellence (COE) Dapat Diorbitkan Menjadi CEO

Selasa, 08 Maret 2022 08:41 WIB   Program Studi Sosiologi

 

Prodi Sosiologi FISIP menjajaki kerjasama Program Centre of Excellence (COE) Kelas Profesional Manager dengan P.T Semen Gresik Indonesia, TBK. Dari Perwakilan Program Studi Sosiologi yaitu Bapak Aan Sugiharto,M.Sosio dengan Bapak Awan Setia Dharmawan,M.Si yang dimoderatori Dr. Ir. Ciptono selaku alumnus Pascasarjana Sosiologi dengan Public Relations (PR) P.T. Semen Gresik Bapak Setyawan,S.E dan Bapak Ir. Ivan memberikan feedback sebagai berikut: “Terkait dengan tawaran kelas unggulan yang dibawa oleh prodi sosiologi Umm ini menjadi penawaran dan terobosan yang menarik karena akan membawa pengalaman baru terhadap perkembangan dunia mahasiswa saat ini. Realitas lapangan tentunya berbeda dengan keadaan akademik di kampus” pungkasnya di Komplek Factory P.T. Semen Gresik,TBK. Desa Sumber Arum, Tuban, Indonesia 26 November 2021.

Hal ini menjadi concerning Program Studi Sosiologi dalam merancang COE Program, supaya lulusan-nya dibekali modal pengetahuan dan strategi untuk menjadi CEO (Chief Executive Officer). Dewasa ini, dunia pendidikan dituntut untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai yang diperlukan oleh arena workforce & corporate yaitu dunia usaha dan dunia industri (DUDI), dan belakangan berkembang lagi menjadi Industri Dunia Kerja dan Kampus (IDUKA). Kolaborasi tersebut memerlukan sinergitas antara kampus dan stakeholders, khususnya dalam hal materi pembelajaran dan terserapnya lulusan di dunia kerja.

Menyesuaikan dengan penelusuran tracer study lulusan Program Studi Sosiologi yang hasilnya 84% lulusan terserap di dunia kerja, dan kesesuaian dengan Profil Lulusan sebagai manajer, maka Program Studi Sosiologi membuat kelas unggulan Profesional Manajer. Hal tersebut sejalan dengan Visi dan Komitmen Universitas Muhammadiyah Malang yang hendak mewujudkan institusi perguruan tinggi yang memiliki pusat unggulan (Center of Excellence) berbasis riset dan disiplin ilmu pada masing-masing program studi.

PLAN COE PROGRAM Kelas Professional Manager 

a. Public Lecture oleh Tenaga Ahli CSR dari sudut pandang praktisi yaitu Budi Minulya,SIP, ME,CSRS (Manager Karya Cita Konsultindo & Alumnus FISIP UMM) 

b. Forum Kelas Strategi Professional Manager oleh tenaga ahli berpengalaman

c. Akses kepada bursa karir dengan peluang internship dan apprentice

d. Prospective student dapat diorbitkan (diseleksi) langsung oleh pihak kemitraan dari Program COE

Shared: