Sosiologi
Universitas Muhammadiyah Malang
Sosiologi
Universitas Muhammadiyah Malang

Menjalin Kekompakan dengan Sociology Camp

Author : Administrator | Jum'at, 02 Desember 2011 13:32 WIB

Kali ini Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sosiologi Industri telah sukses menggelar kegiatan tahunan yang diberi nama Sociology Camp. Kegiatan tersebut merupakan program kerja rutin yang diadakan oleh HMJ Sosiologi Industri setiap tahunnya. Tema yang diusung kali ini adalah Together in One Soul of Sociology. Pelaksananya tentu saja adalah pengurus HMJ Sosiologi Industri angkatan 2011-2012 dengan sasaran mahasiswa baru angkatan 2011.

Ketua pelaksana dari kegiatan ini adalah Yusufi, mahasiswa angkatan 2010 yang juga merupakan salah satu pengurus HMJ. Meskipun baru semester 3, namun pada tanggal 15-16 Oktober kemarin Sociology Camp berhasil dilaksanakan dengan lancar dan sukses. Tujuan dari kegiatan ini adalah mempererat hubungan antar peserta dan antara senior dengan junior, sebagai media untuk membangun kerjasama dan kekompakan dalam bingkai sosiologi, sebagai ajang pengenalan organisasi internal maupun eksternal, serta membentuk watak dan sikap yang lebih baik dari mahasiswa sosiologi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Coban Rondo ini bersifat wajib untuk diikuti oleh semua mahasiswa baru angkatan 2011. Acara dibuka oleh bapak Rachmad K. Dwi Susilo, MA selaku Ketua Jurusan Sosiologi Industri. Setelah itu selama dua hari satu malam dilaksanakan serangkaian acara yang terdiri dari debat dengan tema-tema sosial, permainan untuk menjalin kekompakan, materi yang disampaikan oleh 2 mahasiswa senior jurusan sosiologi industri dan pembekalan pengorganisasian.

Mengenai kendala yang dihadapi panitia, Haris Samsuddin selaku ketua umum HMJ Sosiologi Industri mengatakan, “Kami sedikit kesulitan untuk menyadarkan semua mahasiswa baru akan banyak manfaat yang diperoleh dengan mengikuti kegiatan ini. Sehingga ada beberapa mahasiswa baru yang menganggap kegiatan ini kurang penting sehingga dengan berbagai alasan mereka tidak mengikuti sociology camp”. Haris menjelaskan bahwa dari total keseluruhan mahasiswa baru yang berjumlah 64, hanya 53 mahasiswa yang terdaftar mengikuti kegiatan ini.

Banyak manfaat dan kesan yang didapatkan para mahasiswa baru yang mengikuti Sociology Camp. “Manfaatnya banyak sekali buat saya. Salah satunya adalah pada waktu debat membuat saya berani untuk menyampaikan pendapat meskipun hanya sedikit berkomentar”, ujar Eka, salah satu peserta Sociology Camp. Lain lagi dengan yang dijelaskan oleh Ashabul Khafi, peserta yang lain. Dia mengatakan, “Acara kemarin sangat-sangat luar biasa buat saya karena acara kemarin membuat saya mempelajari banyak hal, terutama bagaimana arti kebersamaan dan kekompakan. Acara kemarin itu adalah pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan”.Virgianti Dyah P. /IKOM/PR/2008.
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image