Sosiologi
Universitas Muhammadiyah Malang
Sosiologi
Universitas Muhammadiyah Malang

Kuliah Lapang : Pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas "Modernisasi Ekologis Untuk Masyarakat Berkelanjutan (Sustainable Society)"

Author : Administrator | Jum'at, 13 Januari 2012 13:31 WIB

Pada tanggal 5 Januari yang lalu, jurusan Sosiologi UMM telah menyelenggarakan kegiatan kuliah lapang yang dilaksanakan di desa Pandanrejo Kecamatan Dau Malang. Menurut Rachmad K. Dwi Susilo selaku ketua jurusan Sosiologi UMM mengatakan, kegiatan kuliah lapang diikuti oleh mahasiswa semester 3 dengan jumlah 90 orang, dan kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk menerapkan konsep atau materi Sosiologi Lingkungan yang didapat dalam tatap muka di kelas. Serta membangun solidaritas dengan masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dan mengapreasiasi kreativitas-kreativitas lokal yang lahir murni dari masyarakat, tanpa intervensi Negara.

Dalam pelaksanaanya, kegiatan kuliah lapang diisi oleh tiga orang pembicara, diantaranya adalah Prayitno selaku sekretaris desa Pandanrejo, Sulih, SP selaku Ketua GAPOKTAN Desa Pandanrejo, dan Nursaid selaku Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat. Adapun aktivitas yang dilakukan dalam kegiatan kuliah lapang adalah (1) audiensi dengan pihak Pemerintah Desa Pandanrejo tentang persoalan sampah di desa tersebut, (2) kunjungan atau observasi di tempat pengelolaan sampah Depo 3 R di Desa Pandanrejo, (3) wawancara dengan masyarakat tentang partisipasi masyarakat dalam peneglolaan sampah, dan (4) memberikan rekomendasi untuk penyempurnaan Program Pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas.
Fredi Teguh P. /08220118/IKOM/PR.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image