Kuliah Tamu Bersama Prof. Madya Dr. Mohammad Reevany Bustami (Principal Researcher CenPRIS Universiti Sains Malaysia)

Kamis, 29 Agustus 2019 00:00 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hari ini (Kamis, 29 Agustus 2019), Prodi Sosiologi FISIP UMM mengadakan kuliah tamu mengenai Community-Based Tourism di Aula BAU Universitas Muhammadiyah Malang. Agenda yang diselenggarakan mulai pukul 09.30 ini dihadiri oleh 150 lebih peserta dari Mahasiswa Sosiologi FISIP UMM lintas angkatan.

Bertemakan "Community-Based Tourism: A Critique of Heritage Project", kuliah tamu ini terfokus pada pembahasan mengenai kritik akan Pariwisata berbasis masyarakat, serta perbandingan bagaimana pariwisata di Penang (Malaysia) dengan di Indonesia.

Pemateri, Prof. Madya Dr. Mohammad Reevany Bustami, menjelaskan poin kritikannya terhadap kondisi pariwisata di Penang. Selain itu, Peneliti Senior di CenPRIS (Centre of Policy Research and International Studies) Universiti Sains Malaysia ini juga menitikberatkan bahwa pariwisata hari ini sangat menggeser masyarakat lokal dan bahkan tidak melibatkan, sehingga mengakibatkan marjinalisasi dan komersialisasi yang sangat tinggi, terlebih dalam hal wisata yang mengandung peninggalan sejarah.

Kaprodi Sosiologi FISIP UMM, Rachmad K. Dwi Susilo, berharap agar kuliah tamu ini dapat menjadi jembatan awal dalam menjalin kerjasama antara Sosiologi FISIP UMM dengan CenPRIS Universiti Sains Malaysia. Kedepannya, kedua lembaga tersebut dapat melakukan kolaborasi dalam kajian serta penelitian-penelitian sosiologi baik di Indonesia maupun di Malaysia.

Tanggal : 29 Agustus 2019
Tempat : Aula BAU
Kontak Person : Awan Setia Dharmawan
Telepon : 08815501382

Shared: